BLANTERORBITv102

    Pengalaman Menggunakan Internet Firstmedia (Surabaya)

    Kamis, 12 Desember 2013
    Hey gamers, hari ini Kitty ingin berbagi cerita mengenai internet yang sudah saya gunakan selama setengah tahun ini, yaitu FastNet dari FirstMedia. Saya merasa 80% puas menggunakan internet provider ini. Dan fastnet adalah penyebab utama Kitty jadi jarang menulis blog gara-gara keasikan main game online, hehehe
    Langsung saja, Kitty akan memberikan review yang cukup rinci untuk provider yang satu ini berdasarkan pengalaman penggunaan selama sekitar 6 bulan.

    Harga (Price)

    Hal utama yang selalu diperhatikan oleh orang Indonesia adalah harga. Firstmedia termasuk mahal untuk Kitty. Tapi juga tidak terlalu mahal. Kitty menghabiskan Rp 380.000 per bulan untuk berlangganan paket D'Lite HD (dengan tambahan 1 STB atau dengan kata lain jaringan untuk 1 tv tambahan). Harga yang bisa dijangkau oleh orang-orang secara umum, namun internet GSM/CDMA menawarkan harga yang jauh di bawah ini.

    Kecepatan

    Saat awal masa promosi, saya mendapatkan speed 3 mbps. Dan diturunkan menjadi 2 mbps saat masa promosi selesai. Apakah speed yang dicantumkan dalam brosur itu 'jujur' tanpa ketentuan pemakaian? Ya. Saya mencoba download game Lineage 2 dan League of Legends. Speed stabil pada angka sekitar 380 KB/s. Dan sepertinya memang bersifat unlimited, saya tidak tahu persis mengenai hal ini, karena sehari-hari Kitty lebih banyak memanfaatkan internet untuk browsing (pemakaian termasuk wajar karena Kitty bukan maniak download ^^a)

    Kualitas

    Dibandingkan segala provider internet lain yang saya gunakan. Firstmedia-lah yang terbaik. Ini jawaban yang jujur, bukan paksaan, dan bukan untuk tujuan iklan. Saya bisa bermain League of Legends server North America dengan ping sekitar 200 (kita tidak lag, hanya saja ada delay sekitar 0,5 detik dalam game). Dan tidak menemui masalah untuk koneksi dalam negeri.
    Bermain game Facebook pun dirasakan sangat lancar. Browsing dan download pun tidak ada masalah.

    Bermasalah?

    Kadang kala Firstmedia mengalami gangguan. Namun sangat jarang. Selama penggunaan 6 bulan ini, saya hanya merasakan 2 kali gangguan dengan kadar gangguan internet tidak dapat digunakan sama sekali (durasi gangguan kurang dari 1 hari). Di luar itu, kadang juga terjadi masalah minor seperti kesulitan mengakses suatu website atau download/streaming terhambat.
    Selain itu Firstmedia tidak memungkinkan kita untuk menggunakan server proxy. Padahal saya sangat membutuhkan akses proxy untuk pekerjaan =(

    Dan ini adalah hasil speedtest yang saya lakukan malam ini:


    Ada yang aneh? Mengapa download speednya bukan 2 mbps? Hal itu juga misteri untuk saya, hehehe. Adakah dari kalian yang pernah mencoba Firstmedia?

    Author

    Penulis Kitty

    Hello. Aku Selly, semoga tulisanku bisa memberi informasi dan membantu buat para pembaca.

    1. Karena paket yang ditawarkan adalah download up to. Utk masalah upload memang begitu.

      BalasHapus
    2. saya jarang upload, jadi ga pengaruh signifikan juga. Kalau untuk kebutuhan sehari-hari + gaming, ini sudah lebih dari cukup

      BalasHapus
    3. Saya juga pake fm, sudah 1 tahun. Buat harga wajar, ketimbang kompetitor nya masih bisa bersaing. Yang penting True unlimited. walaupun upload 256kbps ya ga kenapa"...hehehe.

      kalau speedtest kadang turun, mungkin karena traffic di daerah kita lagi ramai. Mengingat fm bukan dedicated internet.

      overall: 8/10

      BalasHapus
    4. Saya juga pakai first media untuk main game online. Puas karena untuk main game internasional tidak mengecewakan.

      BalasHapus
    5. @anonymous:
      kadang dapetnya 2 mbps, kadang naik ke 3 mbps. saya jadi bingung sebenarnya saya dikasi speed berapa, hahaha.
      tapi ngga masalah, karena itu sudah termasuk lancar sekali untuk browsing-browsing sana sini

      @gulong:
      yup, saya pakai firstmedia khusus untuk main League of Legends North America. pingnya sekitar 200, tapi sudah termasuk bagus sekali dibandingkan pakai modem USB

      BalasHapus
    6. @masnanang (JKT):
      Saya pasang diem" u/ warnet (pihak FM ga tau) beli paket Elite (5MB) di bulan ke-4 (Januari 2014) dpt (10MB download) dari 7 PC main game sambil nonton film bioskop jarang ngelek, malah WIFI 10meter saya gratiskan tanpa username & password. Anak" yg biasa main cuma 1 s/d 2 jam sekarang jadi lebih rata" sampai 8 jam. puas dah rekening saya jadi gendut dut dut....

      BalasHapus
      Balasan
      1. wah nakal ya, hehehe. tapi kalau gak salah memang untuk bisnis tidak diharuskan untuk memakai paket tertentu. kantor saya juga pakai paket d'lite 3mbps. karena kebutuhan internetnya tidak tinggi

        Hapus
    7. lagi browsing2 eh nemu ini nie guys http://mko.faveoe.com/ game baru yg bakal keluar di indo, keliatanya sih menarik,

      dan kayaknya ini dah ni aslinya http://youxi.baidu.com/danao/ dari cina soalnya kalo gw liat2 mirip banget dari artworknya

      BalasHapus
    8. dikota saya belum masuk first media, padahl pengen migrasi ke first media

      Jual game pc murah meriah, lengkap, terpercaya dan ada cara instalnya, visit : jual game pc murah

      BalasHapus
    9. Sy baru pake 2 bulan tapi hari ini ngerasian juga gangguan :( no signal
      untung masih punya koneksi cadangan dari GSM jadi masih bisa online

      BalasHapus
    10. sayangnya first media ga seluas jaringan indihome

      BalasHapus