BLANTERORBITv102

    Item Mall di Game Online? Beli gak ya?

    Selasa, 23 Juli 2013
    Koleksi Lama Voucher LYTO (Game On)

    Kitty melihat hot thread menarik di kaskus (click untuk melihat thread kaskus | artikel asli). Game online saat ini menggunakan sistem free to play* bahkan server Ragnarok Online Thor yang kini masih menggunakan sistem pay to play** ikut mengusung sistem free to play di akhir bulan Juli 2013 ini.

    Bila kita perhatikan, setiap game yang menggratiskan akses permainannya, otomatis juga menggunakan sistem item mall. Item mall biasanya hanya menjual benda-benda khusus yang tidak dapat diperoleh secara normal melalui permainan. Bayarnya pakai apa? Tentu saja pakai voucher.

    Apakah kita harus membeli item mall?

    Tidak.

    Bagi sebagian player yang suka membeli barang-barang item mall atau membeli fasilitas khusus sejenis premium/special service sebaiknya perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari:
    1. Gunakan uang yang memang dipakai untuk jajan
      Hindari membeli voucher dengan menggunakan uang yang hendak digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting daripada sekedar bermain game. Berpikirlah dua kali bila uang diberikan oleh orang tua, kalau bisa mintalah persetujuan terlebih dahulu.
    2. Beli item mall bukanlah investasi
      Kitty sering melihat player-player game tertentu yang suka menghabiskan uangnya untuk membeli item mall limited edition dengan harapan kelak dapat dijual dengan harga tinggi. Terkadang memang benar, namun biasanya harga cepat turun karena muncul item lain yang lebih bagus
    3. Perlu nggak sih?
      Pikir-pikir lagi... Sebenarnya kalian benar-benar membutuhkan item mall atau tidak? Seandainya kalian ingin lebih cepat menaikkan level, farming lebih cepat, it's okay. Hindari aktifitas pembelian yang tidak terkontrol (kantong jebol, dompet ikut jebol juga ^^a)

    Bagaimana dengan Kitty?

    aduh ketawan deh, hehehe, Kitty suka belanja item mall >.< budget per bulan sekitar Rp 50.000 - Rp 100.000. Beli secukupnya saja, karena Kitty bermain hanya untuk fun. Item-item yang biasa dibeli adalah item dekorasi yang imut dan lucu supaya bisa dipakai untuk mejeng bareng teman-teman.

    *) Free to play: bermain dengan gratis
    **) Pay to play: membayar untuk bermain

    Author

    Penulis Kitty

    Hello. Aku Selly, semoga tulisanku bisa memberi informasi dan membantu buat para pembaca.