BLANTERORBITv102

    Game Online yang Sudah Tutup di Indonesia - Part 2

    Sabtu, 21 Juli 2012
    Artikel ini adalah kelanjutan dari postingan tentang game online yang sudah tutup di Indonesia. Yang terjadul dan game-game pelopor sudah disebutkan, dan kali ini kita lanjutkan pada 3 game berikutnya. Apa saja?
    Tema hari ini adalah game 'unik' yang tutup, sebenarnya cukup aneh kalau ditutup, karena game-game ini termasuk sukses di luar negeri. Saya menyebutnya 'unik' karena game ini sangat berbeda dari game online lain yang umumnya bertemakan petualangan. Atau mungkin 3 game berikut ini lebih tepat kalau kita sebut dengan game kompetitif karena sistemnya memungkinkan kita untuk bersaing dengan player lain secara langsung.
    1. Gunbound
    2. Tanggal Buka: 2002
      Tanggal Tutup: November 2010
      Developer: Softnyx
      Publisher: BolehGame
      Penyebab: cheater?
      Kalau belum pernah bermain game ini, coba bayangkan Worms Armagedon. Gunbound memiliki sistem permainan 2D dimana kita akan mengendarai kendaraan tempur dan menyerang pemain lain dalam urutan tertentu. Pada awalnya game ini memiliki nama Gunbound Thor Hammer, kemudian setelah tahun 2004 dikenal sebagai Gunbound World Championship Indonesia (sumber: trivia Gunbound). Gunbound seri pertama memang sudah ditutup, tapi kalian bisa memainkan versi terbarunya! Gunbound Season 2 yang dinaungi langsung oleh developernya, Softnyx.
    3. Pangya
    4. Tanggal Buka: 1 Oktober 2003
      Tanggal Tutup: 4 April 2008
      Developer: Ntreev Soft
      Publisher: PT Boleh Net Indonesia
      Penyebab: kurang diminati
      Sebenarnya game ini adalah salah satu game yang cukup sukses, bahkan dibuat versi Nintendo Wii dan NDS-nya. Dari slogan saja kita bisa memahami secara umum game ini, memainkan golf dengan 'style' (karakter imut yang bisa kita kostumisasi sesuka hati). Namun sayang sekali pupolaritasnya kalah dengan ragnarok online yang menyebabkan Pangya tidak bisa bertahan lama dan jumlah player yang minim memaksa publisher Indonesia untuk tidak memperpanjang lisensi Pangya.
    5. O2jam
    6. Tanggal Buka: 3 Maret 2006
      Tanggal Tutup: 31 Mei 2008
      Developer: O2 Media
      Publisher: Infomedia Nusantara
      Penyebab: kontrak tidak diperpanjang
      Player AyoDance pasti sangat familiar dengan cara memainkan game O2jam. Ya, karena sistem permainannya hampir sama dengan Guitar Master Mode. Untuk bisa menjadi player hebat pada game yang populer di sekitar tahun 2004 ini membutuhkan kemampuan yang tinggi. Kita dituntut untuk dapat mengikuti irama (beat) musik dengan menekan tombol sesuai dengan beat yang ditampilkan pada bagian kiri layar.

    Author

    Penulis Kitty

    Hello. Aku Selly, semoga tulisanku bisa memberi informasi dan membantu buat para pembaca.

    1. wah, saya dulu juga sempat main GunBound cukup lama dgn nick CuteBlonde huhauhahhuauha, itu saya masih SMA kelas 1m berarti sekitar tahun 2004. sampe skrg ID sm password masih ingat hahaha

      O2 jam juga main

      Pangya dulu sering liat bnyk org main.

      ternyata bnyk juga game2 yg saya mainin udah tutup.

      BalasHapus