BLANTERORBITv102

    Memilih Modem Untuk Bermain Game Online

    Kamis, 30 Mei 2013
    Artikel ini merupakan pengembangan dari tulisan mengenai pemilihan ISP untuk bermain game online. Seperti memilih internet service provider, modem yang digunakan pun tidak bisa sembarangan. Di sini akan membahas modem USB secara khusus karena banyak dipakai dan dijumpai oleh kita semua:

    1. Model Jaringan Kabel
      Modem ini otomatis kita dapatkan apabila berlangganan internet dengan jaringan kabel dan fiber optic. Biasanya memiliki ketahanan yang tangguh dan kualitas yang baik. Selain itu kita tidak perlu khawatir mengenai modem ini. Namun kita harus memastikan modem kita tidak terkena air dan bebas debu terhindar dari panas berlebih yang berpotensi memperpendek masa pakai modem.
    2. Modem USB
      Modem ini umum digunakan karena harganya sangat terjangkau. Yang akan banyak kita bahas adalah modem sejuta umat ini ^^
    3. Mobile WiFi Hotspot Modem (MiFi)
      Tren sekarang lebih condong ke modem hotspot, banyak operator seluler menawarkan MiFi
    4. Modem Rental
      Pilihan unik yang cocok untuk traveler, sudah ada penyedia rental MiFi portable yang bisa digunakan di berbagai lokasi, termasuk di luar negeri. Tinggal bayar uang deposit sebagai jaminan peminjaman modem, dan kita siap berselancar di dunia online.
    MiFi rental dari Travel WiFi ID, bisa untuk di luar negeri juga lho


    Kriteria dasar modem USB yang hendak dipakai gaming:
    1. Tidak mudah panas
      Apa yang terjadi kalau modem kepanasan? Kalian akan rajin terputus dari game dan membuat modem semakin pendek umur. Faktor yang mempengaruhi suhu modem ini dari pabrik atau akibat penggunaan. Modem akan panas apabila kita menggunakan kartu dengan sinyal yang tidak stabil (modem membutuhkan energi lebih banyak untuk mencari sinyal, hal ini membuat mode menjadi panas). Untuk mengetahui modem tersebut mudah panas atau tidak, kalian bisa googling untuk mengetahui pengalaman orang lain yang sudah memakai produk tersebut.
    2. Memiliki upload dan download speed yang cukup
      Sebagian besar modem USB yang beredar saat ini sudah lebih dari cukup untuk keperluan gaming, namun sebaiknya kalian pastikan dulu bahwa modem yang kalian beli memiliki minimal upload speed 128 Kbps dan download speed 3,6 Mbps.
    3. Kecocokan dengan PC/laptop kalian
      Ada modem yang diciptakan khusus untuk OS tertentu, kalian jangan lupa pastikan dahulu sebelum membeli (daripada gak bisa main karena salah beli bukan?)

    FAQ


    Q: Berapa kisaran harga modem USB yang dijual di pasaran?
    A: Rata-rata modem USB bisa kita dapatkan dengan cakupan harga Rp 150.000 hingga Rp 300.000, apabila lebih dari harga tersebut, tentunya modem itu memiliki spesifikasi yang tinggi.

    Q: Berapa kisaran harga MiFi yang dijual di pasaran?
    A: Rata-rata modem Mifi dijual dengan bundling paket internet dari operator seluler tertentu. Contohnya adalah Telkomsel Orbit, XL Go, 

    Q: Merek apa yang bagus?
    A: Sejauh ini, saya belum menemukan merk yang bermasalah, sehingga membeli merek mana saja juga oke.

    Q: Apa itu modem bundling?
    A: Modem Bundling adalah modem yang dijual sepaket dengan internet provider tertentu. Kisaran harga  bervariasi mulai dari 400.000 hingga 1 jutaan.

    Q: Kenapa kita disarankan memiliki smartphone kalau jadi pengguna MiFi?
    A: Karena rata-rata pengaturan MiFi dilakukan melalui smartphone, baik itu melalui android ataupun iPhone.

    Q: Mana yang lebih hemat? MiFi atau USB WiFi?
    A: Tergantung kebutuhan, bila pengguna lebih banyak maka MiFi bisa lebih terjangkau karena bisa digunakan oleh lebih banyak pengguna sekaligus. Pertimbangkan juga kuota paket yang disediakan apakah sudah mencukupi untuk semua pengguna.

    Q: Kenapa kartu Live.On saya tidak bisa digunakan pada modem Orbit yang sudah unlock?
    A: Sebaiknya kita cari tahu dulu sebelum membeli. Cara mudahnya bisa dengan melihat deskripsi barang oleh penjual, serta review dari pembeli modem unlock di marketplace.

    Author

    Penulis Kitty

    Hello. Aku Selly, semoga tulisanku bisa memberi informasi dan membantu buat para pembaca.

    1. Wah Makasih Post Anda Membantu Jangan Lupa Kunjungi Juga Blog Ku ^^
      http://aikawafaith.blogspot.com/

      BalasHapus
    2. Jdi kira2 modem yg paling bagus buat laptop merk apa y gan, soalnya klau utk signal dtmpt sya kerja agk susah gan??

      BalasHapus
      Balasan
      1. kalo ada jaringan kabel, lebih baik pakai itu. kalau merk modem saya sarankan TP link atau Huawei. sedangkan operatornya tergantung dari wilayah agan.

        Hapus
    3. saya sering tuh ngalamin modem panas dan nda bisa conect ke internet sama sekali waktu lagi asik2 browsing ataupun main game. jadinya main gamenya ke putus dah, apalagi kalo buat download game. wih langsung semelet abis dah tuh modem. tapi thanks yah udah mau share tentang modem untuk bermain game on-line.

      BalasHapus