BLANTERORBITv102

    8 Profesi Kerja untuk Gamer

    Kamis, 14 April 2016
    Banyak orang beranggapan menjadi gamer hanyalah sekedar hobby yang membuang-buang waktu dan uang. Tahukah kamu? Sebagai gamer, kalian tetap bisa bekerja dan berkarir secara profesional di bidang game?

    Professional Gamer

    SKT T1
    Apa itu professional gamer? Mereka adalah pemain yang bermain secara profesional di ajang eSports. Tidak semua turnamen eSports memberikan prize pool yang tinggi, tapi setidaknya untuk saat ini ada 2 game MOBA top dunia yang punya turnamen kelas dunia yaitu League of Legends dan DOTA 2. Kini era eSport sudah populer, banyak sekali pilihan game yang bisa ditekuni untuk menginjakkan kaki di dunia profesional. Contohnya: Mobile Legends: Bang Bang, Valorant, League of Legends (PC dan Wild Rift)

    Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat? 
    Player League of Legends top dunia mendapatkan sekitar ratusan ribu dolar per tahun. Bila dikonversikan ke rupiah, kisaran pendapatan pro player LoL yang sukses setidaknya 1,3 Milyar per tahun.
    Untuk skala nasional di Indonesia, mengingat eSports belumlah semaju di luar negeri, maka pendapatan yang bisa didapat kemungkinan berkisar antara puluhan hingga ratusan juta per tahun (berasal dari sponsor dan hadiah turnamen)

    Skill apa yang harus dimiliki?
    Kemampuan bermain yang di atas rata-rata, sanggup main game (latihan) setidaknya 8 jam per hari, bekerja sama dengan baik bersama tim

    Lebih lengkapnya bisa kalian baca di How Much Do League of Legends Pros Make?

    Streamer dan Youtuber

    Nggak pede dengan skill-mu? Atau punya kesibukan yang membuatmu tidak bisa latihan intensif sebagai profesional player? Masih ada pekerjaan lain yang cocok yaitu menjadi streamer atau youtuber.
    Foto Profil Akun Twitter PewDiePie

    Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat?
    Income. In June 2014, The Wall Street Journal reported that PewDiePie earned $4 million in 2013; PewDiePie confirmed on Reddit that the figures were roughly around what he actually earned.
    PewDiePie adalah contoh youtuber paling terkenal di dunia youtube. Sedangkan youtuber gamer terkenal di Indonesia ada Jess No Limit, Miawaug, Dylan Pros, dkk. Mengutip dari suara.com tekno:

    Jess No Limit yang namanya begitu dikenal sebagai YouTuber gaming selama ini berhasil mengantongi Rp 287 juta sampai Rp 4 miliar hanya dalam satu bulan.

    Skill apa yang harus dimiliki?
    Pengetahuan seputar game yang dimainkan, kemampuan berkomunikasi yang atraktif, gameplay yang menyenangkan untuk ditonton.

    Peralatan dan Perlengkapan yang dibutuhkan?
    Device untuk main (smartphone, pc/laptop), device untuk editing video (bila melakukan edit sendiri) dan  device streaming, studio rekaman, green screen.

    Referensi: PewDiePie YouTube Channel Statistics, 5 Pro Player dengan Penghasilan Youtube Fantastis

    Coach

    SKT T1 Coach: kkOma
    Apa itu coach?
    Yak, kalian memutuskan untuk mencoba main League of Legends atau DOTA 2 tapi sama sekali tidak tahu tentang game yang akan kalian mainkan? Kalau begitu, kalian membutuhkan seorang coach! Coach itu mirip dengan mentor, yaitu seseorang yang mengajarkan atau membimbing kita saat bermain serta menganalisa permainan dan memberikan feedback serta informasi tambahan agar permainan kita menjadi lebih baik.

    Hmm... tim profesional kan isinya player-player yang jago tapi kok mereka tetap membutuhkan coach, mengapa?
    Seperti halnya basket, kalau kalian pernah menonton Kuroko no Basuke, setiap tim pasti didampingi oleh coach baik itu saat latihan maupun bertanding. Coach dalam tim profesional bertugas untuk memantau kondisi dan kinerja setiap pemain dan pemain dari tim lawan, coach yang bisa mengamati seluruh pertandingan dari luar dapat menganalisa dan mengatur strategi agar tim dapat menang dimana pengamatan dan analisa tersebut sangat sulit dilakukan oleh pemain yang sudah disibukkan dengan tugas masing-masing dalam permainan.

    Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat?
    Penulis tidak mengetahui secara pasti mengenai potensi penghasilan seorang coach tim eSports. Menurut lowongan yang dibuat oleh Team Liquid, seorang head coach digaji sebesar USD 32.000 (akomodasi dibiayai oleh Team Liquid) atau USD 55.000 (akomodasi ditanggung sendiri).

    Skill apa yang harus dimiliki?
    kemampuan manajerial waktu dan SDM, pengetahuan tentang game yang ditentukan, kemampuan komunikasi yang baik, membuat laporan performa, dll

    Referensi: TL Position Opening: Head Coach - Team Liquid

    eSports Manager

    Umumnya setiap perusahaan pasti memiliki manajer, tidak terkecuali untuk industri gaming. Peluang menjadi seorang manajer dalam dunia game sangatlah memungkinkan.

    Apa saja job description seorang manager dalam dunia eSports?
    Bisa beragam, tergantung kalian tergabung dalam bagian apa. Contohnya saja seorang eSports manager di Razer Inc. bertugas untuk mengembangkan proyek marketing yang inovatif serta mengatur kerjasama dengan partner, validasi produk dan testing bersama tim, mengatur relasi dengan media, dll.

    Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat?
    Bervariasi tergantung skala perusahaan. eSports Manager di luar negeri umumnya berpenghasilan puluhan ribu dolar per tahun.

    Referensi: Razer Inc. Careers: eSports Manager (Global), Esports Jobs

    Publisher Game

    Publisher adalah pihak yang menerbitkan suatu game di suatu wilayah/region. Publisher lokal yang sudah kita kenal sejak lama antara lain Megaxus, Lyto, Wavegame. Sedangkan publisher multinasional yang juga melakukan publishing game di Indonesia adalah Prodigy, Perfect Game dan Garena. Kita bisa menjadi bagian dari mereka karena pada umumnya publisher game mencari staff yang berpengalaman dan paham dalam bidang game.

    Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat?
    Bekerja dalam perusahaan di Indonesia berbeda dengan bekerja di luar negeri karena perusahaan akan mengikuti standar UMR yang berlaku di area masing-masing. Per tahunnya seorang Game Master bisa mendapatkan gaji sejumlah puluhan hingga ratusan juta rupiah.

    Developer Game

    NCSoft dan Gravity

    Setiap game yang kita mainkan adalah buatan dari developer game. Ada banyak pembuat-pembuat game di seluruh dunia. Beberapa yang terkenal umumnya berasal dari Jepang, Korea, dan Amerika. Indonesia juga punya developer game seperti Anoman Studio yang berhasil masuk nominasi crowdfunding project SquareEnix dengan game buatannya, Orbiz.

    Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat? Nominal tergantung dari skala perusahaan dan kesuksesan proyek yang dikerjakan.

    Skill apa yang harus dimiliki?sebagai tim pembuat dan pengembang game, kalian harus memiliki kemampuan khusus seperti kemampuan programming, 3d modeling, character design, gameplay design dan kemampuan serta pemahaman untuk gaming engine yang ada. Bisa dibilang bekerja sebagai bagian dari developer adalah bidang tersulit karena membutuhkan ilmu khusus sehingga kita harus mengambil pendidikan tertentu untuk terjun dalam bidang kerja yang satu ini.

    Guru

    Perkembangan eSports di Indonesia dan mancanegara semakin maju dengan pesat. Industri eSports kini boleh dibilang tergolong sebagai salah satu bidang industri yang menjanjikan. Di luar negeri, memasukkan materi pelajaran eSports adalah hal yang lumrah. Nah baru-baru ini salah satu SMA di Indonesia mencari guru yang mampu mengajar tentang eSports. Hmm... Menarik bukan?

    Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat? Saya tidak tahu penghasilan guru atau dosen di bidang gaming. Mengacu pada artikel dari pintek.id, potensi gaji yang didapatkan di kisaran UMR.

    Crypto Gamer

    Axie Infinity
    Axie Infinity - NFT based online game

    Siapa yang menyangka, 5 tahun setelah artikel ini dirilis pada tahun 2016, kini malah bermunculan game jenis baru yaitu play to earn. Tidak salah lagi, ini adalah jenis game yang disukai oleh petani game tanpa perlu melanggar aturan umum yang biasanya melarang RMT (Real Money Trading).

    Ciri utama play to earn game adalah: menggunakan blockchain dan memiliki token serta NFT. Untuk memainkan biasanya pemain diwajibkan untuk menginstal wallet blockchain tertentu seperti enjin wallet, metamask, dll.

    Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat dari memainkan Crypto Game?
    Sangat bervariasi, mulai dari recehan hingga ratusan ETH (Ethereum) per transaksi. Berdasarkan website Axie Infinity, hingga saat ini rekor transaksi tertinggi sebesar 300 ETH (1 ETH = Rp 62.250.000 saat artikel ditulis pada 29 November 2021) atau berkisar 18 Milyar Rupiah.

    Skill apa yang harus dimiliki untuk main Crypto Game?
    Tidak memerlukan kemampuan khusus, kecuali kemampuan untuk top up dan punya waktu untuk mengelola karakter di dalam game tersebut.

    Blogger, Penulis, Jurnalis

    Profesi ini cocok untuk kalian yang jago nulis dan tidak pandai berhadapan dengan kamera. Ada banyak alternatif yang bisa dipilih seperti menjadi penulis independen dengan cara membuat blog dan website. Alternatif lain adalah bekerja dalam perusahaan yang menerbitkan berita serta konten-konten seuptar game. Contohnya adalah kotakgame.com, duniagames.co.id, hasagi.id

    Berapa potensi penghasilan yang bisa didapat?
    blogger bisa mendapatkan ratusan sampai ribuan dolar per bulan sedangkan bila bekerja di perusahaan penerbit berita game gaji menyesuaikan standar yang berlaku.

    Skill apa yang harus dimiliki? Mengikuti perkembangan dunia game dan berwawasan luas, punya kemampuan menulis, kreatif, memahami penggunaan CMS untuk membuat blog maupun website


    Nah, apa nih rencana kalian di masa depan? Mau berkarir di bidang game? Beberapa tahun lagi berkarir di bidang game dan eSports akan menjadi hal yang populer di Indonesia lho!
    Sebelumnya, artikel ini dirilis pada 14 April 2016. Beberapa hal yang out of date saya revisi di penghujung 2021 ini.

    Author

    Penulis Kitty

    Hello. Aku Selly, semoga tulisanku bisa memberi informasi dan membantu buat para pembaca.

    1. nice post sist....
      semua itu bisa berhasil kalau ada niat....
      Terus berkarya.... Jaya indonesia

      BalasHapus
    2. Jadi pemain sih yang paling enak asal sering latihan pasti lama2 jadi pro haha

      Nonton film action
      Download film action

      BalasHapus