BLANTERORBITv102

    Toshiba Satellite L745 untuk gaming?

    Jumat, 19 Oktober 2012
    Hai teman-teman gamers, kesempatan kali ini saya gunakan untuk menuliskan review tentang laptop kedua yang saya gunakan selain si mungil tangguh Eee Pc 1225B E450. Kali ini adalah giliran Toshiba Satellite L745 - EZ1410D. Kebalikan dari Asus Eee Pc yang murah, laptop Toshiba ini harganya cukup mahal (sekitar Rp 10.000.000). Dengan harga semahal itu apakah kualitasnya juga sesuai harga?

    Bentuk Fisik Toshiba Satellite L745

    Menurut saya, bentuk fisiknya terlihat standar dan khas untuk orang yang bekerja di kantor. Sebelumnya, mari kita lihat spesifikasi lengkapnya terlebih dahulu, karena Toshiba memiliki beragam spesifikasi untuk tipe yang sama persis. Detailnya bisa kalian lihat di bawah ini:
    • OS: Windows 7 Home Premium 64bit
    • Processor: Intel Core i5-2430M 2.40GHz
    • Monitor: 14" HD LED LCD
    • Graphic Card: Intel HD Graphics Family
    • Memory: 4GB DDR3
    • Harddisk Space: 500GB HDD
    • Disk Drive: DVD Super Multi DL Drive
    • Card Reader 2 in 1
    • Wifi: Atheros AR8152/8158 PCI-E, Fast Ethernet Controller (NDIS 6.20)
    • Bluetooth dan Kamera built in
    • Baterai: 6 cell Li-ion battery
    • Penggunaan listrik: 19V (100-240 v, 50-60 GHz)

    Bagaimana kualitasnya?

    Keunggulan:
    • Keyboard sangat nyaman dipakai, tapi sayangnya tombol spasinya terkadang sulit dipakai (sudah ditekan, tapi spasinya tidak tampil alias seolah-olah belum menekan key spasi).
    • Sangat kuat melakukan multitasking! Powerfull sekali kalau digunakan untuk membuka banyak aplikasi sekaligus.
    • Ada aplikasi khusus yang disediakan oleh Toshiba, yaitu Toshiba Eco Friendly. Aplikasi ini bermanfaat untuk mengukur jumlah listrik yang dikonsumsi saat kita memakai laptop ini. Supaya lebih hemat, kita bisa mengaktifkan  eco mode. Mode ini memiliki pengaturan khusus yang membuat performa laptop terjaga namun konsumsi listrik tidak berlebihan. Ini bukti bahwa Toshiba peduli dengan lingkungan (go green) dengan cara menciptakan produk yang dapat menghemat listrik.
    Penggunaan listrik normal untuk Toshiba L745 adalah 15-20 watt

    Kelemahan:
    • Graphic card mengenaskan. Saya pernah kehilangan hasil editan gambar karena photoshop yang dijalankan melalui laptop ini hang. Saat menggeser/scroll gambar di photoshop, terlihat patah-patah. Terlihat jelas bahwa laptop ini tidak sanggup menangani tugas yang membutuhkan performa grafis tinggi.
    • Saat memainkan game online, grafisnya tidak baik saat harus menampilkan animasi berlebih. Selain itu sisi kiri atas laptop menjadi panas sekali (di bagian kipas) dan konsumsi listrik meningkat tajam menjadi 40-60 watt!!
    Game-game apa saja yang sudah pernah saya uji di Toshiba Satellite L745?
    1. Ragnarok Online
      game ini baru bisa dimainkan dengan lancar saat kita mematikan efek game. Semakin banyak animasi skill/aura yang ditampilkan, maka semakin turun pula performa gamingnya. Pergerakan mouse akan terlihat patah-patah saat banyak animasi, selain itu tombol yang kita tekan menjadi kurang responsif. Laptop ini akan menggunakan listrik 30-40 watt saat memainkan ragnarok online.
    2. Lineage 2
      lineage bisa dimainkan dengan grafis rendah maupun tinggi. Namun, sebaiknya kalian lihat screenshot yang saya berikan di bawah ini:
      Testing Lineage 2
      Berbeda dengan ragnarok, Toshiba masih bisa menjalankan game Lineage 2 dengan cukup baik bahkan saat disetting medium graphic. Namun hal itu mengakibatkan laptop overheat dan dikhawatirkan bisa mengurangi masa pakai laptop.
    3. Point Blank
      Saya kecewa memainkan point blank di sini, karena sering sekali terjadi freeze. Tidak perlu komentar lebih lanjut, karena game point blank menuntut performa grafis PC/laptop yang baik. Not recommended untuk main Point Blank.
    4. The Sims Social (facebook game)
      Mirip dengan Ragnarok Online, Facebook game ini terasa sangat lag dan tersendat-sendat saat harus menampilkan banyak animasi. Tetapi kita bisa mengatasinya dengan mengurangi kualitas grafis melalui setting game The Sims Social (gambar berbentuk mata untuk menghilangkan efek anti-alias).

    Author

    Penulis Kitty

    Hello. Aku Selly, semoga tulisanku bisa memberi informasi dan membantu buat para pembaca.

    1. gan laptopnya bisa buat main game bola gak?

      BalasHapus
    2. gan buat maen THE SIMS 2 gimana ? lancar gak ?

      BalasHapus
    3. the sims 2 lancar, the sims 3 juga lancar

      BalasHapus
    4. Klo game PES 2013 bisa gak?

      BalasHapus
    5. bisa, dengan grafis low-medium. kalau high patah-patah

      BalasHapus
    6. kalau age of empires III sanggup gak gan di toshiba satellite L745?

      BalasHapus
    7. Kalo Dota 2 kuat gk setingan Medium-High .. ??

      BalasHapus
    8. bisa, tapi not recommended. laptop saya yang ini makin rusak sekarang =(
      sering patah-patah kalau main league of legends grafis tinggi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Gan klo lptop ane pertamanya kuat buat point blank, tpi akhir" ini patah" knp ya gan? Padahal laptop temen sama, tapii tmpat dia lancar

        Hapus
    9. Engga juga ah, aku punya L745 yg i3 2330M cuman 2,2 Ghz ama GeForce 525M nambah RAM jadi 6GB aja biasa aja tuh... PB lancar jaya max setting.. bahkan maen RE Revelations malah bisa max setting 60fps tembus. Dota 2 malahan very high semua default settingnya.. Cuman emang kalo udah panas jadi agak ngelag.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Pantes ada nvidia, biasanya yang gak pasti vga nya pke intel hd grap

        Hapus
    10. Buat maen lost saga bisa ga

      BalasHapus
    11. lost saga bisa, namun Toshiba ini sudah kurang worth untuk tahun 2021. Banyak pilihan lain yang punya prosesor lebih baru dan kartu grafis yang lebih baik

      BalasHapus