BLANTERORBITv102

    Pengalaman Mencoba Jasa Ragnarok Private Server Hoster: Spesial Hosting

    Rabu, 13 Juni 2012
    Private server Ragnarok Online yang menjamur membuat saya penasaran. Apakah semudah itu kita bisa membuat private server ragnarok sendiri? Padahal dulu pasar PS RO hanya dikuasai oleh server tertentu saja (tentu kita kenal dengan Zeuz RO atau Fresh RO bukan?), apalagi sekarang server Ragnarok official Indonesia sudah menyediakan server gratis (Fun n Chat dan Rebirth) yang seharusnya membuat player server official enggan lari ke server lain. Setelah ditelusuri lebih lanjut, kini sudah ada penyedia jasa VPS khusus pembuatan Ragnarok Private Server. Web resminya bisa kalian lihat di sini. Saya pun tertarik dan iseng mencoba jasa yang mereka tawarkan.

    Bagaimana pelayanannya?

    Terus terang saja, mengecewakan di awal, hehehe. Itu karena ada beberapa hal yang tidak memenuhi ekspektasi saya:
    • Saya request untuk instalasi server yang sama dengan idRO, hasilnya? gak sama (my fault anyway, karena belum paham mengenai adanya bermacam-macam database RO emulator)
    • Tidak ada panduan apapun setelah server jadi (dan akhirnya bengong doang sambil lihat-lihat isi cPanel, ujung-ujungnya keluar uang lagi untuk menyewa teknisi yang paham mengenai Private Server RO)
    • Client terlambat dikirim (setelah saya request baru diberitahu link downloadnya)
    Karena database awal yang mereka instal dalam server saya adalah 3ceam (yang jauh berbeda dengan idRO), maka saya pun harus mencari database lain yang lebih mirip. Teman saya menyarankan untuk memakai brathena, rasanya bahagia sekali ketika mengetahui database tersebut memang 95% mirip dengan ragnarok official. Namun sayang, semangat kembali terhapus karena brathena tidak berhasil diinstal (istilah khususnya adalah compile).

    100.000 pun keluar dari rekening saya untuk biaya perbaikan database yang gagal diinstal (brathena). Compile memang sukses, tetapi Operating System yang digunakan tidak compatible dengan brathena (duh!). Akhirnya saya menggunakan rathena sebagai database sementara.

    dan ternyata...

    Spesialhosting terus berbenah dan menjadi lebih baik. Tanggal 28 Mei 2012 kemarin mereka mengupgrade servernya, dan beberapa hari setalah upgrade server mereka menawarkan untuk pindah ke server baru yang langsung saya setujui. Voila, hitungan hari server saya sudah bisa digunakan dan aktif ^^

    Apa keunggulan Spesialhosting?

    1. Fast respon
    2. Mengalami masalah? Kalian bisa coba tanyakan melalui contact mereka (bisa via telepon, ym atau sms). Tapi kalau tanya jangan kebangetan ya (saya terlalu sering menanyakan stupid question ^^a). Lebih baik caritahu dulu sebelum bertanya.
    3. Ramah
    4. Server berkualitas
    5. Selama hampir 1 bulan saya menggunakan jasa spesialhosting, belum pernah ada gangguan yang berarti. Kabar baiknya adalah server yang saya sewa sangat lancar dan lebih nyaman dimainkan daripada server official Indonesia. 
    6. Data protection?
    7. untuk server lama masih average (cheater masih bisa memanfaatkan kelemahan server sesuka hati), dan cukup baik di server barunya (not confirmed, karena belum diujicoba secara menyeluruh). 

    Tertarik membuat Private Server sendiri?


    Author

    Penulis Kitty

    Hello. Aku Selly, semoga tulisanku bisa memberi informasi dan membantu buat para pembaca.

    1. tadi saya nanya2.. kok jutek ya orang nya.. ~,~ seakan2 buru2 pengen tau klo kita serius apa kaga.. mank orang nanya2 itu bisa di blg ga serius ? ga juga kan ?

      BalasHapus
    2. dia ramah sama orang berduit doang gan. kira-kira begitulah spesialhosting. dah banyak yang tau kalau VPS yang satu ini agak antik.

      ngomongnya bakal dibantu, tapi ga bener2 bantu (karena persepsi bantuan di benak kita berbeda jauh dengan bantuan yang mereka maksud = bantuan berbayar!)

      BalasHapus
    3. spectod ? gak gak gak kuat deh pelayanannya ~
      mending pindah ke yang lain aja

      BalasHapus
    4. pindah ke www.ragnarok.or.id aja gan :o

      BalasHapus
    5. Yang mau buat server ragnarok dengan pelayanan maksimal silahkan gan
      www.akbare.net
      https://www.facebook.com/eAkbareRagnarokService

      BalasHapus