BLANTERORBITv102

    Pengalaman Menggunakan Jasa Spesial Hosting - Part 2

    Kamis, 21 Juni 2012
    Hi Gamers ^^ kali ini saya akan menceritakan pengalaman menggunakan jasa Ragnarok Virtual Server oleh Spesial Hosting. Memasuki bulan kedua pemakaian, saya merasa makin tidak nyaman menggunakan jasa VPS ini. Ah masa sih? Baca aja deh kelanjutannya...

    Kalau sebelumnya saya tidak diberi guidance dan membayar biaya tambahan untuk compile database yang ujung-ujungnya memang tidak cocok dengan spesifikasi OS yang saya sewa, kini keadaan diperburuk hanya karena "root access" (keterangan akses root bisa kalian lihat di bagian akhir artikel ini) dan masalah restart PC server.

    Kira-kira seperti inilah kejadian yang saya rasakan:
    1. Karena banyak laporan bug, tim saya pun melakukan sangat banyak perbaikan pada struktur vital scriptnya (itu kami lakukan dengan database rathena terbaru)
    2. File-file kami upload dengan benar, lalu request compile (dan akhirnya compile selesai dengan sukses jam 00.20 pagi)
    3. Sekitar pukul 9 pagi saya coba aktifkan server. Jreng jreng, ada 1 trouble. Salah satu folder gagal diproses karena masih memiliki hak akses root (oke deh, saya request untuk diperbaiki, dan langsung benar dalam sekejap)
    4. Lalu saya coba aktifkan server lagi, ini yang membuat saya cukup shock dengan layanannya. Muncul error di database saya (dengan keterangan database telah digunakan oleh address lain), untungnya dulu saya pernah mengalami hal serupa ketika memindahkan web saya ke server baru. Maka saya juga tahu, solusi masalah ini sangat sederhana: restart apache dan restart server (PC server). Ini bentuk erornya:
      [Error]: make_listen_bind: bind failed (socket #6, error 98: Address already in use)!
    5. Lalu saya coba menanyakan beberapa hal seputar eror ini ke spesialhosting (sambil agak emosi sih). Seperti biasa, jawaban tidak memuaskan dan tidak menyelesaikan masalah.
    6. Dan yang terjadi cukup membuat saya shock, spesialhosting tiba-tiba 'menawarkan' jasa setup server (dan fitur ini termasuk jasa berbayar). Dor, dalam hati saya: apaan sih ini orang, saya sudah setup databasenya dengan benar nih, masalah se-sederhana ini saja mereka terkesan cuek, bagaimana dengan eror yang lebih rumit? Tanpa pikir panjang, saya pun langsung memindahkan seluruh data saya ke server baru.
    *root access bisa diibaratkan seperti kita menggunakan sebuah PC dengan account administrator. Seorang administrator bebas menambahkan, menghapus, memproses data hingga mematikan dan mengaktifkan PC sesuai keinginan. Berbeda dengan Guest access yang memiliki keterbatasan akses dalam menggunakan PC tersebut (seperti: tidak bisa instal/uninstal program).

    Berdasarkan pengalaman yang saya alami, Spesial Hosting memang memasang tarif yang sangat murah, namun dengan kualitas yang biasa-biasa saja. Sebenarnya kekecewaan konsumen ini bisa dihindari dengan mudah. Memperbaiki keterangan-keterangan di web yang memiliki makna ambigu dan abstrak serta memberikan penjelasan yang terinci agar memudahkan calon konsumen memahami layanan dan fasilitas yang mereka dapatkan dari Spesial Hosting. Apabila segalanya telah dijelaskan dengan baik di awal, kelak pelanggan tidak akan merasa 'tertipu' karena mereka sudah tahu rincian fasilitas dan layanan apa yang mereka dapatkan.
    Selain itu saya juga melakukan pencarian di forum terkenal, ternyata ada juga pelanggan lain yang mengalami dan merasakan kekecewaan yang sama:
    Kasus 1
    Kasus 2

    Bagi yang belum paham jasa Spesial Hosting

    Saya akan membantu kalian untuk memahami lebih jelas mengenai jasa yang mereka berikan berdasarkan pengalaman saya (Plan B):
    • Plan B ini mencakup jasa setup server, instalasi database RO (3ceam pre-renewal), client RO (untuk memainkan private server kalian), dan instalasi cpanel serta forum.
      Dalam tahap ini, kalian akan diberi bantuan serta penjelasan umum mengenai cara penggunaan cpanel, aktivasi server dan hal-hal terkait.
    • Kalian tidak memiliki akses root atas file-file kalian, tetapi tenang saja, Spesial Hosting-lah yang melakukan proses compile database.
      Caranya mudah, kalian cukup request compile via ym dan email, setelah selesai, Spesial Hosting akan menginformasikan hasil compile via email. Sayangnya kita tidak bisa menentukan sendiri jadwal compilenya, sehingga waktu maintenance menjadi kurang fleksibel.
    • And this is the tricky part (yang biasanya membuat pelanggan merasa 'tertipu')
      click untuk memperbesar gambar
      Bantuan yang mereka maksud di sini tidak berlaku secara lifetime. Setelah melewati masa instalasi dan kalian dapat login ke dalam game, Spesial Hosting tidak akan memberikan bantuan secara cuma-cuma.
    • Kalian juga perlu berhati-hati saat menggunakan text editor di cpanel, berdasarkan pengalaman saya, terkadang isi file bisa berubah dengan sendirinya saat kita mencoba mengubah sesuatu (walaupun yang diubah hanya 1 angka atau 1 huruf saja). Selama ini saya hanya bisa meng-edit file berdasarkan keberuntungan (harap-harap cemas setiap kali menekan tombol save as di bagian bawah cpanel)

    Author

    Penulis Kitty

    Hello. Aku Selly, semoga tulisanku bisa memberi informasi dan membantu buat para pembaca.

    1. Ya, mau di apa kata gan. Namanya orang butuh duit, tapi caranya gak bener :( . Terlalu money oriented tapi gitu deh, gak sesuai dengan janji manisnya. Ya pengalaman saja gan.

      Teman ane juga ada yang kena JANJI PALSUNYA

      BalasHapus
    2. Saya sih cuma gak cocok dengan jam compilenya saja, overall ga begitu mengganggu sih. cuma kadang mereka nggak peka aja, orang butuh pencerahan malah ditawarin fitur berbayar, kan langsung ilfil jadinya.

      BalasHapus