BLANTERORBITv102

    Tips Membuat Private Server Ragnarok Sendiri

    Selasa, 19 Juni 2012
    Hello RO Mania ^^
    Lihat temen punya private server pasti bikin iri ya? Mau buat sendiri tapi ga ngerti apa-apa? Sedia payung sebelum hujan, simak deh tips-tips berikut ini:


    • Budget
    • Ya, kamu membutuhkan modal untuk membuka private server ragnarok. Paling murah (bagi yang tidak paham sama sekali), membutuhkan sekitar Rp 500.000 (via Plan B spesialhosting), sedangkan bagi yang sudah paham tidak perlu lagi mengeluarkan banyak dana. Yang perlu diperhatikan juga adalah biaya bulanan sewa server dan terkadang juga ada biaya yang tak terduga (akan saya bahas lebih lanjut di bagian programmer).
    • Waktu
    • Mengelola sebuah private server secara umum dapat dibagi menjadi 2, yaitu front-end (sebagai gamemaster di dalam game) dan back-end (sebagai administrator yang mengelola database dan server). Kemungkinan besar kamu membutuhkan sebuah tim dengan minimal 2 orang untuk mengelola sebuah server kecil (< 100 player).
      Yang tersulit adalah di bagian back-end, bagi pemula (termasuk saya) pun harus belajar berbulan-bulan, dan itupun baru bisa memahami sebagian kecil saja. Tidak jarang saya langsung panik begitu menemukan eror kecil hanya karena tidak tahu cara memperbaikinya.
    • Pengetahuan RO Emulator
    • Dan perlu diketahui juga, ada beberapa database emulator ragnarok yang bisa kalian gunakan untuk server kalian. Setiap database memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Hingga kini belum ada database yang sempurna dan sesuai dengan sistem yang dimiliki Ragnarok official.
      Database yang bisa kalian pakai antara lain: athena (pre-renewal system), rathena (pre and renewal system), 3ceam (pre and renewal system), N-Xtream (renewal system), brathena (renewal system), idathena (renewal system karya anak bangsa).
    • VPS
    • Memilih VPS (hosting) juga sangat penting. Karena di sinilah kalian menaruh file-file database yang digunakan untuk pivate server kalian. Hal utama yang perlu kalian perhatikan adalah: bandwith, server sharing, reputasi VPS (mengenai lag dan uptime), akses SSH root (ini sangat penting dalam melakukan maintenance, pikir-pikirlah lagi apabila kalian tidak mendapatkan akses SSH root karena akan sangat menyulitkan proses maintenance), serta coba cari tahu juga ke teman-teman atau orang yang sudah menggunakan jasa VPS/hosting tersebut.
    • Programmer
    • Lalu apa yang dimaksud dengan biaya tak terduga yang pernah saya bahas sebelumnya? Seandainya kalian belum paham benar mengenai cara mengutak-atik database emulator ragnarok (seperti eathena, rathena, dsb). Besar kemungkinan kalian membutuhkan tenaga ahli untuk mengerjakan hal tersebut. Tenaga ahli ini biasanya adalah programmer dan tidak semua orang menguasai ilmu ini, sehingga kamu akan membutuhkan biaya tambahan untuk membayar jasa mereka.
    Ingin tahu lebih lengkap lagi? Comment artikel ini atau berikan komentar via chatbox, artikel detail akan saya tulis dengan segera ^^

    Author

    Penulis Kitty

    Hello. Aku Selly, semoga tulisanku bisa memberi informasi dan membantu buat para pembaca.

    1. Jadi kurng lebih utk awal prlu 500 rbu aja?, soapnya saya smpet mau buat..di minta dana wala skitar 5 sampai 10 juta

      BalasHapus